Untuk urusan kendaraan bisa dikatakan tiap negara memiliki selera sendiri-sendiri, contohnya saja Indonesia yang rakyatnya sangat menggandrungi mobil MPV, alasannya muat banyak, uniknya orang Indonesia ke kantor pun naik MPV. Lain Indonesia, lain juga Malaysia yang gemar dengan sedan atau Thailand yang gemar dengan mobil double cab. Nah bagaimana dengan negara lain?
Ternyata di luar sana sana banyak juga negara yang memiliki selera yang unik terhadap kendaraan. Nah sekarang kami akan menghadirkan 5 negara dengan selera mobil yang unik versi Anekainfounik,
Amerika - Big Size Car
Tahun 1950-an bisa dianggap sebagai tahun keemasan Amerika, di saat negara-negara Eropa hancur akibat Perang Dunia, Amerika malah bisa tumbuh menjadi raksasa ekonomi, terutama di bidang industri otomotif. Di tahun 1950-an industri otomotif Amerika mulai mengadopsi teknologi-teknologi baru seperti Mesin V8 bertenaga dahsyat, sabuk pengaman, power steering, dan lain-lain. Namun yang paling mencolok dari era itu adalah bentuk mobil-nya yang juga berukuran raksasa.
|
Chevrolet Bel Air 1957 |
|
Dodge Coronet Lancer |
|
Ford Crown Victoria |
Bentuk mobil Amerika yang berukuran raksasa sempat menjadi bahan olok-olokan di acara Top Gear, dimana Jeremy Clarkson mempermasalahkan jarak kemudi dengan grill depan yang terlalu jauh. Sulit dibayangkan bagaimana kalau mobil berukuran besar ini musti mencari lahan parkir di Jakarta sekarang ini.
Australia - Ute Car
Australia juga memiliki keunikan sendiri, mereka ingin memiliki kendaraan yang fungsional untuk kegiatan pertanian namun juga harus stylish, maka lahirlah Ute. Menurut cerita yang beredar konon seorang petani mengirimkan surat kepada Ford Australia meminta sebuah mobil yang hari Sabtu bisa dipakai membawa babi ke pasar, sementara hari Minggu bisa dipakai ke gereja. Desainer Ford lalu merealisasikan ide ini menjadi sebuah kenyataan. Mobil ini pertama kali disebut sebagai Coupe Utility
|
1934 Ford Coupe Utility |
|
2006 Holden VZ |
|
Ford Ute |
Orang Australia lalu menamakan mobil jenis ini sebagai Ute. Ciri khas Ute adalah memiliki bentuk sedan tapi memiliki bak di belakangnya, karena memiliki bak belakang di negara lain mobil jenis ini dimasukkan sebagai pick up. Entah dengan anda, namun saya tidak akan mau menaikkan babi ke bak belakang.
Jepang - Kei Car
Ketika Amerika menikmati masa jaya selepas perang, kebalikannya adalah Jepang. Masyarakat Jepang selepas Perang Dunia tidak mampu membeli mobil full sized ketika itu, pemerintah Jepang lalu membuat regulasi mengenai Kei Car atau Keijidosha. Ciri khas dari Kei Car adalah ukurannya yang kecil dan juga kapasitas mesin yang kecil. Ketika pertama diluncurkan Kei Car mengusung mesin 360 cc (Tahun 1949) yang kemudian meningkat sampai 660 cc di tahun 1998.
|
Subaru 360 |
|
Honda Life |
|
Suzuki Wagon R |
Pemerintah Indonesia juga membuat program serupa seperti Kei Car yaitu Low Cost Green Car (LCGC). Sayangnya program LCGC ini hendak dijegal oleh politikus-politikus yang tidak ingin rakyat memiliki mobil dengan harga terjangkau.
Inggris - Mobil Roda Tiga
Pernah lihat mobil roda tiga? pasti pernah terutama orang Jakarta karena bemo tak lain tak bukan adalah Daihatsu Midget, si mobil roda tiga. Namun soal jumlah produsen mobil roda tiga, Inggrislah jagoannya. Tercatat 13 merek mobil roda tiga lahir di Inggris.
|
Morgan Runabout Deluxe 1912 |
|
Bond Bug 700 ES |
|
Reliant Robin |
Diantara yang lain Reliant Robin adalah mobil yang paling terkenal, mobil ini sering muncul di serial Mr. Bean sebagai musuh bebuyutan mobil Mini milik Mr. Bean. Mobil roda tiga sekarang terbukti kurang populer antara lain karena masalah keseimbangan dimana mobil roda tiga lebih gampang terguling daripada mobil roda empat.
India - Mobil Yang Tidak Pernah Ganti Model
Ketika menyebut mobil India di pikiran kita adalah Tata atau Maruti, tidak salah karena Tata sendiri sedang gencar menjual produknya di Indonesia. Nah tahukah anda Ambassador ? Atau Hindustan Motor? Nama itu memang asing di telinga kita namun sangat terkenal disana, bahkan Ambassador dijuluki raja jalanan di sana. Ambassador umum digunakan sebagai Taxi dan juga mobil dinas pejabat-pejabat India.
|
Ambassador Mark I 1958 |
|
Ambassador Encore 2013 |
Kalau anda perhatikan dua gambar diatas anda tentu sadar bahwa Ambassador -Tidak seperti pabrikan mobil lain- tidak pernah melakukan perubahan desain secara radikal, dan uniknya model ini masih terjual sampai sekarang.
0 komentar:
Posting Komentar